Cara Daftar BRI Ceria, Syarat, Pengajuan dan Limit Kredit yang Didapat

Cara Daftar BRI Ceria

Salah satu layanan keuangan digital terbaik yang bisa digunakan untuk pinjaman online, yaitu BRI Ceria. Cara daftar dan syarat untuk memiliki akun Ceria sangat mudah dan akan kami bagikan berikut ini.

Apa itu Ceria?

Ceria adalah pinjaman digital yang bisa digunakan untuk membayar transaksi di e-commerce dan merchant online lainnya yang bekerja sama dengan BRI Ceria.

Ceria dari Bank BRI sudah mendapat izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tentunya Ceria aman untuk digunakan, baik untuk berbelanja cicilan maupun untuk pinjaman online.

Syarat Pengajuan Ceria

  • Memiliki e-KTP.
  • Nasabah tabungan Bank BRI.
  • Usia minimal 21 tahun.
  • Memiliki smartphone Android versi 4.0 ke atas.

Cara Registrasi BRI Ceria

  • Buka aplikasi Ceria. Jika belum punya download di Play Store.
  • Berikan izin aplikasi yang diperlukan lalu tekan Sign Up.
  • Masukkan nomor handphone, centang dan setujui syarat dan ketentuan lalu tekan Sign Up.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor HP terdaftar.
  • Selanjutnya buat dan konfirmasi PIN (6 digit).
  • Berhasil membuat akun.

Setelah menyelesaikan langkah di atas, berarti kamu sudah berhasil membuat akun tahap pertama. Pada tahap ini kamu belum mendapatkan limit kredit.

Banyak dibaca:  Cara Transfer dari DANA ke Bank BRI Terbaru 2022

Pada tahap kedua daftar BRI Ceria kamu perlu mengajukan limit kredit. Sebelum mengajukan limit kredit, pastikan kamu punya dua hal berikut ini.

  1. Kartu ATM Bank BRI.
  2. Minimal penghasilan 3 juta Rupiah.

Jika sudah punya dua hal di atas, kamu bisa login ke Ceria menggunakan nomor HP dan masukkan PIN. Kemudian lanjut mengajukan limit kredit di Ceria. Berikut tahap-tahap yang perlu kamu selesaikan.

Pengajuan Limit Kredit BRI Ceria

Cara Daftar BRI Ceria

Verifikasi data

Kamu akan diminta untuk verifikasi data nasabah bank BRI. Siapkan e-KTP, kartu ATM dan buku tabungan untuk memudahkan mengisi data.

Pada tahap ini pula kamu mengetahui apakah kamu memenuhi syarat pengajuan limit atau tidak. Jika memenuhi syarat kamu bisa tekan Lanjutkan Pengajuan.

Isi Formulir

Pada tahap ini kamu diminta mengambil foto e-KTP. Silakan ambil foto yang jelas dengan latar belakang yang sebaiknya satu warna. Kamu juga akan mengisi formulir Data Pribadi, Data Kerabat dan Data Pekerjaan.

Data Pribadi meliputi Data Diri yaitu email, pendidikan terakhir dan status perkawinan. Selanjutnya ada Data Tempat Tinggal, silakan isi sesuai alamat tempat tinggal saat ini.

Untuk Data Kerabat kamu perlu mengisi nama gadis ibu kandung dan kontak kerabat yang bisa dipilih sesuai pilihan yang tersedia, contoh pilih kerabat kakak/adik kandung.

Banyak dibaca:  Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Terbaik Resmi OJK

Sementara untuk Data Pekerjaan meliputi Data Keuangan dan Detail Pekerjaan. Data Keuangan yaitu mengisi NPWP, sumber dan jumlah penghasilan serta pengeluaran bulanan.

Sementara Detail Pekerjaan kamu akan mengisi terkait pekerjaan seperti jenis dan perusahaan tempat bekerja. Jika bukan karyawan kamu bisa isi toko sendiri atau usaha sendiri.

Setelah semua terisi kamu bisa tekan Simpan kemudian centang pernyataan lalu Kirim. Selanjutnya Upload Bukti Penghasilan bisa kamu upload atau biarkan kosong. Cukup centang pernyataan dan tekan Kirim.

Selanjutnya pengajuan kamu akan masuk ke Proses Scoring untuk menentukan limit kredit yang akan didapat. Proses ini biasanya memerlukan waktu 30 menit.

Kembali ke home dan tunggu proses selesai atau kamu bisa keluar dari aplikasi dan kembali setelah waktu yang ditentukan. Selama proses scoring kamu akan diminta untuk verifikasi email. Cek kode verifikasi di email terdaftar.

Setelah verifikasi email dan proses scoring selesai kamu bisa tekan Lanjutkan Pengajuan. Dan, kamu akan mendapatkan limit kredit. Centang untuk menyetujui lalu tekan Terima Penawaran.

Finalisasi Kredit

Pada tahap ini kamu perlu melengkapi tiga langkah berikut ini yaitu:

  • Rekening Autodebet.
  • Digital Signature.
  • Persetujuan Dokumen.

Unuk rekening autodebet kamu hanya perlu tekan Setuju karena rekening sesuai dengan yang sudah kamu daftarkan. Pada langkah Digital Signature kamu perlu mengambil foto selfie untuk keperluan tanda tangan digital.

Banyak dibaca:  Cara Pinjam Uang Lewat BRI Ceria, Langsung Cair ke Rekening Hitungan Detik

Silakan ambil foto selfie mengikuti petunjuk yang diberikan. Jika sudah sesuai foto yang diinginkan, kamu bisa tekan Gunakan Foto, persetujuan dan lanjutkan.

Terakhir, persetujuan dokumen dari Privyid sebagai tanda tangan digital.

Aktivasi Limit Kredit

Setelah menyelesaikan semua tahap pengajuan, limit kamu tidak langsung aktif. Jika dilihat di halaman depan aplikasi Ceria kamu akan diminta untuk menunggu limit kredit aktif.

limit kredit bri ceria

Lama aktivasi limit kredit ini biasanya satu hari kerja. Bisa lebih cepat atau lebih lama, terutama jika aktivasi pada hari libur. Gambar di atas merupakan jumlah limit kredit yang kami dapatkan.

Besaran limit kredit yang didapatkan berbeda dengan maksimal limit Rp 20 juta.

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna baru BRI Ceria

Berapa saldo minimal rekening BRI untuk daftar Ceria?
Tidak ada minimal saldo. Sebagai contoh tim Sakutekno daftar dengan rekening yang jarang digunakan dan saldo Rp 15.000.

Berapa maksimal limit kredit yang didapat?
BRI Ceria memberikan limit kredit maksimal Rp 20 juta. Limit kredit berbeda, tergantung data pengguna yang didapat dari proses scoring.

Apakah bisa daftar Ceria tanpa NPWP?
Tidak. Mengisi NPWP wajib. Jika kamu ingin daftar Ceria tanpa NPWP sebaiknya kamu daftar NPWP online terlebih dahulu.

Bagaimana cara bayar pinjaman BRI Ceria?
Pembayaran autodebet ke rekening BRI terdaftar. Pastikan saldo rekening tersebut cukup untuk membayar pinjaman Ceria.