ShopeePay Tidak Bisa Digunakan? Begini Cara Mengatasinya

ShopeePay Tidak Bisa Digunakan? Begini Cara Mengatasinya

ShopeePay merupakan layanan uang elektronik yang digunakan untuk membayar transaksi online di aplikasi Shopee dan pembayaran offline di merchant rekanan Shopee.

Cara menggunakan ShopeePay sangat mudah. Untuk pembayaran online di aplikasi Shopee cukup memilih ShopeePay sebagai metode pembayaran.

Sedangkan untuk pembayaran offline di merchant yang bekerja sama dengan Shopee cukup scan kode QR yang ada di merchant lewat fitur Bayar di ShopeePay.

Kita juga bisa membayar tagihan belanja di Indomaret atau Alfamart lewat pembayaran ShopeePay dengan menunjukkan kode bayar atau barcode ke kasir.

Meski kelihatannya mudah, namun yang namanya program terkadang ada saja masalahnya, seperti ShopeePay tidak bisa digunakan. Hal semacam ini terkadang menimbulkan kepanikan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi ShopeePay tidak bisa digunakan? Berikut ini kami bagikan beberapa penyebab dan mengatasi ShopeePay tidak bisa digunakan.

Penyebab dan Cara Mengatasi ShopeePay Tidak Bisa Digunakan

Berikut ini ada beberapa penyebab ShopeePay tidak bisa digunakan. Kamu tidak perlu khawatir karena biasanya masalah ini tidak berlangsung lama, kecuali akun kamu bermasalah.

Banyak dibaca:  Isi Saldo ShopeePay Gratis Biaya Admin Lewat Aplikasi Ini

Koneksi Internet Sedang Bermasalah

Koneksi internet merupakan salah satu faktor penting dalam menggunakan ShopeePay. Pastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil. Kamu juga bisa menggunakan koneksi lain seperti WiFi saat melakukan transaksi.

Aplikasi Belum Diperbarui

Pastikan aplikasi Shopee yang kamu gunakan sudah versi terbaru saat ini agar tidak ada bug yang menyebabkan ShopeePay kamu tidak bisa digunakan.

Saldo Tidak Cukup untuk Pembayaran

Saat isi saldo ShopeePay, pastikan kamu memasukkan nominal yang cukup untuk membayar. Perlu diketahui bahwa ShopeePay memotong biaya admin Rp 500 jika kamu isi saldo lewat transfer bank atau virtual account.

Biaya tersebut bisa terpotong dari saldo yang masuk. Jadi, saat isi Rp 100.000 yang masuk hanya Rp 99.500. Hal ini berlaku di beberapa layanan tempat mengisi saldo ShopeePay.

Selain itu, menggabungkan saldo ShopeePay, koin Shopee dan voucher gratis ongkir terkadang tidak bisa digunakan. Meskipun jumlah saldo ditambah koin cukup untuk membayar pesanan.

Jika kasus kamu seperti ini, sebaiknya isi saldo sesuai jumlah pesanan jangan ditambahkan dengan koin Shopee dan voucher. Kelebihan saldo bisa ditransfer ke rekening tanpa biaya admin.

Banyak dibaca:  Cara Isi Saldo ShopeePay Lewat neobank, Gratis Biaya Admin!

Merchant Tidak Menerima Pembayaran ShopeePay

Menerima pembayaran lewat QRIS bukan berarti bisa menerima dari pembayaran scan QRIS dari semua layanan keuangan. Pastikan merchant tempat kamu belanja menerima pembayaran ShopeePay.

Beberapa masalah di atas paling sering kita jumpai. Meski sudah diperhatikan sebelumnya, terkadang masalah bisa saja datang karena kekhilafan kecil saja.

Itulah informasi tentang penyebab dan cara mengatasi ShopeePay tidak bisa digunakan. Semoga informasi di atas membantu memecahkan masalahmu, ya!